Uji Coba Ujian Berbasis Komputer

Uji Coba Ujian Berbasis Komputer

Senin, 13 februari 2017

Apa itu UBK?

Ujian Berbasis Komputer (UBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Di SMK Negeri 1 Lahat Ujian Berbasis Komputer sudah tidak asing lagi ditelinga guru beserta siswanya karena SMK Negeri 1 Lahat telah menerapkan e-Learning sebagai media pembelajaran untuk siswa. Jadi Penggunaan media komputer oleh siswa dan tenaga pengajar sudah menjadi hal yang lumrah. Selain itu  sebelumnya SMK Negeri 1 Lahat telah mengikuti UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) pada tahun 2016 lalu sehingga untuk ujian berbasis komputer tahun ini merupakan hal yang kedua kalinya bagi SMK Negeri 1 Lahat.

Seperti yang dikatakan oleh salah seorang proktor UBK di SMK Negeri 1 lahat ibu Army Trilidia Devega,S.Kom, ” Ujian Berbasis Komputer di SMK ini sudah merupakan UBK yang ke dua kalinya. Hanya saja di tahun ini sarana prasarananya mengalami peningkatan. Jika tahun lalu kita hanya memakai tiga Lab saja dimana masing-masing lab disediakan satu komputer server, 40 komputer client dengan seorang proktor di masing-masing lab, maka di tahun ini SMK N 1 Lahat menyediakan empat  lab yang di fasilitasi dengan satu buah komputer server pada masing-masing lab, 30 s/d 40 komputer client, empat proktor serta satu teknisi. Dengan fasilitas yang memadai di tambah lagi kecepatan internet di sekolah ini juga sudah menggunakan teknologi FIBER OPTIC sehingga proses UBK dapat berjalan dengan lancar”, ujar bu lidia. 

Penyelenggaraan UBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Diharapkan hasil penyelenggaraan UBK pada kedua kalinya ini cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

          (Tampilan Server pada saat pengambilan Token)    (Tampilan Server pada saat Ujian Sedang Berlangsung)

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *